Koperasi Griya Jati Rasa




Latar Belakang :

LSM Griya Jati Rasa membidani lahirnya Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa, pada tanggal 21 Febuari 2015. Tujuannya adalah menjadikan Koperasi sebagai unit kewirausahaan sosial yang dapat membangun kreatifitas bangsa untuk keadilan dan perdamaian. Koperasi melalui kegiatan rutin bulanannya memfasilitasi kegiatan pendidikan informal yang sistematis sebagai suatu pergerakan dalam mendorong perluasan partisipasi warga masyarakat mengadvokasi hak-hak ekonomi, sosial budaya dan, politiknya.

Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa adalah Lembaga Ekonomi Rakyat yang mengembangkan bisnis hijau berbasis pelestarian lingkungan hidup dalam konteks masyarakat pedesaan di mulai di DI. Yogyakarta, dengan upaya perluasannya ke Papua dan Aceh.

Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa dilindungi oleh akta notaris Yayasan Griya Jati Rasa dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-0005028.AH Tahun 2015 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Griya Jati Rasa. Izin operasionalnya berdasarkan Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal D.I Yogyakarta, nomor 222/914/GR.I/2015.


Visi :

Mendorong pengembangan usaha produktif masyarakat berbasis kemandirian, penghargaan pada budaya lokal yang bisa bersaing dalam perdagangan adil sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, tidak bias geder, penghargaan pada HAM dan Pelestarian Lingkungan Hidup.


Moto :

Beli Jual sambil menjadi religius, humanis dan ekologis


Kegiatan Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa :

  1. Keanggotaan Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa bersifat perorangan maupun kelompok. Pembinaan dilakukan kepada anggota Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa yaitu anggota yang bersifat primer dan anggota yang bersifat sekunder. Anggota primer adalah anggota dari Yayasan Griya Jati Rasa dan anggota sekunder adalah anggota dari kelompok-kelompok binaan LSM Griya Jati Rasa yang kemudian didorong menjadi UMKM mandiri dengan kepengurusan terpisah dari Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa.
  2. Memberikan manfaat langsung melalui pembianaan kepada anggota Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa dengan melatih keterampilan untuk mengelola organisasi bisnis, mengadvokasi bersama kebutuhan anggota masyarakat dalam kebijakan anggaran pemerintah dan pemasaran produk yang dilakukan melalui bazaar dan pameran dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional dan penjualan online yang disepakati bersama.
  3. Mendorong anggota untuk menabung dan memberikan pinjaman modal baik pada anggota primer maupun pada anggota sekunder sesuai dengan studi kelayakan proses peminjamaan.
  4. Memfasilitasi kelompok-kelompok binaan Koperasi Pemasaran Griya Jati Rasa untu kterlibat dalam memasarkan produk sesuai dengan mutu standar Olahan Makanan diwujudkan melalui izin PIRT, POM dengan desain unggulan dari produk dan kemasannya.
  5. Memberikan pembinaan kepada kelompok-kelompo binaan dalam hal tata kelola organisasi, pengembangan kapasitas pengurus pelatihan-pelatihan terkait dengan transfer pengetahuan sesuai minat dan sumber daya manusia/alam dari masing-masing kelompok sehingga bisa menampilkan kekhasan produk dan branding yang mengakomodasi kapasitas integralnya
  6. Menerima keanggotaan istimewa dari masyarakat luas yang berfungsi sebagai investor dalam mengembangkan usaha-usaha dari UMKM-UMKM sekunder yang dibina oleh Koperasi Griya Jati Rasa.
  7. Bekerjasama dengan emerintah dalam membina kelompok usaha bersama yang ada di DI. Yogyakarta, di Wamena Papua, di Singkil, Aceh dan di tempat lainnya di Indonesia.
  8. Melakukan pejualan produk berbasis ramah lingkungan yang diproduksi oleh anggota, penukaran plastik dan barang daur ulang dari anggota dengan barang-barang sembako, menyediakan pelayanan penjualan produk sembako untuk memberikan keuntungan kepada anggota dengan mengembalikan 30% dari keuntungan produk yang dibeliya.

Organisasi :

  • Pengawas
    1. Dr. Singgih Santoso
    2. Farsijana Adeney-Risakotta PhD
    3. Erlinda M. Panisales
  • Pengurus
    1. Ketua: Robert Sharlynicos Amrin S.E
    2. Sekretaris: Anna Istani S.Pd
    3. Bendahara: Krisdiyanto
    4. Staf Operasional: Maria J. Anes S.Th


Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA