Berita




PSPTM dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Mengadvokasi Koperasi Serba Usaha Kinasih dengan General Manager Angkasa Pura I, Bandara Adisucipto Yogyakarta

Jumat, 12 Juli 2019| 13.30 WIB - 16.00 WIB | Ruang Rapat Angkasa Pura I, Adisucipto | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Pada hari ini, Jumat 12 Juli 2019, Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM), Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana yang diwakili oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta, Ph.D bersama dengan Ibu Anna Istanti, S.Pd selaku manajer dari Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dan Bapak Kamardi, ketua dari Koperasi Serba Usaha (KSU) Kinasih yang berdomisili di Desa Palihan, menghadiri undangan dari Bapak Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama selaku General Manajer Angkasa Pura I, Bandara Adisucipto untuk berdiskusi mengenai surat yang sebelumnya telah dimasukan ke PT. Angkasa Pura I, Bandara Adisucipto, perihal Solusi Aksesitas Koperasi-Koperasi Desa Terdampak Pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)

Koperasi-Koperasi yang berdomisili di desa terdampak pembangunan YIA berharap PT. Angkasa Pura dapat memberikan kebijakan kepada mereka untuk dapat mengambil bagian dalam penyediaan transportasi bandara. Anggota KSU Kinasih di Desa Palihan, Temon yang punya mobil keluaran 2013/2014 belum mendapat akses untuk bisa menjalankan jasa pengangkutan di Bandara YIA. Padahal anggota-anggota tersebut adalah warga terdampak dari pembangunan Bandara YIA. Mereka berharap warga terdampak bisa terlibat dalam melayani kebutuhan pasar di Bandara YIA karena mereka sudah sejak awal mendukung pembangunan Bandara YIA sehingga menyetujui untuk dilakukan pengalihan lahan. Saat ini mobil dan bisnis pengangkutan adalah aset mereka yang setara dengan tanah yang sudah dialih fungsikan menjadi Bandara YIA.

Bapak Heri selaku CSR dari PT. Angkasa Pura I Bandara Adisucipto menjelaskan, bahwa untuk sistem transportasi di bandara YIA saat ini masih dalam proses pengurusan, dan belum ditentukan pihak mana yang akan diserahkan untuk bergerak didalamnya. Untuk anggota KSU Kinasih yang ingin berpartisipasi dalam sistem transportasi bandara, bisa mendaftar pada Departemen Sales di PT. Angkasa Pura dengan mengisi dan melengkapi form pendaftaran secara online. Syarat utama untuk mendaftar adalah harus sudah berbadan hukum. Jika ada warga desa terdampak yang ingin menjalankan jasa pengangkutan di bandara, maka ia haru tergabung terlebih dahulu dalam organisasi berbadan hukum, seperti KSU Kinasih.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Farsijana juga membawa dan mengenalkan produk anggota Koperasi Permata dari Desa Glagah, yang juga merupakan desa terdampak pembangunan YIA. Produk yg dibawa adalah olahan Ikan Goreng, Undur-Undur Goreng, dan juga Legen. Bapak Pandu beserta staf berkomentar bahwa untuk rasa sudah baik dan enak, hanya saja perlu pengembangan pada kemasannya, agar terlihat menarik dan layak untuk di jual di bandara YIA


Kunjungan ke Kelompok Tani Gotro untuk Memantau Perkembangan Bobot Kambing Etawah yang diteliti dengan Uji Coba Pakan Fermentasi selama 2 Minggu

Jumat, 12 Juli 2019| 10.00 WIB - 12.00 WIB | Dusun Gowok, Samigaluh | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Pada hari ini, kami Tim Coaching dari Program Samigaluh Tanggap Globalisasi (STG) bersama dengan Ibu Ratih Restiani, S.Si., M.Biotech dan Bapak Suhendra Pakpahan selaku Tim Riset Dosen STG kembali mengunjungi Kelompok Tani Gotro yang berada di Dusun Gotro, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memantau perkembangan bobot Kambing Etawah yang sedang diteliti. 6 ekor Kambing Etawah di bagi menjadi 3 kelompok, dimana kelompok pertama hanya diberi pakan hijauan biasa, kelompok kedua di hanya diberi pakan fermentasi dan kelompok ketiga diberikan kombinasi antara pakan hijauan biasa dan fermentasi.

Dalam pengukuran bobot kambing, tercatat ada peningkatan pada kelompok kambing yang deberikan pakan fermentasi dan pakan kombinasi. Menurut Bapak Susanto, selaku pengurus Kelompok Tani Gotro, selain penambahan bobot kambing, juga terdapat peningkatan dalam produksi susu kambing tersebut. Tim Riset Dosen STG akan terus memantau perkembangan bobot kambing setiap minggunya, selama satu bulan sejak pakan fermentasi diberikan, untuk meneliti dan melaporkannya dalam Laporan Penelitian.


Program Pembinaan Dan Pemberdayaan Koperasi pada Desa Terdampak New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo di Koperasi Permata, Desa Glagah dan KSU Kinasih, Desa Palihan pada Bulan Juli 2019

9 dan 11 Juli 2019| 13.00 WIB WIB | Kantor KSU Kinasih, Palihan dan Rumah Makan Pandan Sari, Laguna Barat, Pantai Glagah | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Pada pertengahan Bulan Juli 2019 ini, Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM), Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana telah melakukan pembinaan dan pemberdayaan dua koperasi di desa terdampak pembangunan bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Tema materi pada bulan ini adalah Analisis Potensi dan Bisnis Anggota Berbasis SWOT.

Kedua Koperasi yang telah dilatih tersebut adalah KSU Kinasih dan Koperasi Permata. Pelatihan pada KSU Kinasih dilakukan pada hari selasa, 9 Juli 2019 jam 15.00 WIB, dengan narasumber Ibu Farsijana Adeney-Risakotta. Ph.D. Sementara pelatihan kepada Koperasi Permata dilakukan pada hari kamis, 11 Juli 2019 jam 13.00 WIB, dengan narasumber Bapak Singgih Santoso.

Pada pelatihan Koperasi Permata, anggota koperasi menunjukan produk makanan produksi mereka, yang terdiri dari Ikan Goreng, Undur-Undur Goreng dan Legen. Mereka meminta Ibu Farsijana dan Bapak Singgih untuk dapat memberikan masukan terkait produk mereka tersebut. Masukan yang diberikan adalah terkait kemasan dari produk mereka yang masih menggunakan plastik yang diharapkan kedepannya bisa menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Pada kesempatan yang sama Ibu Farsijana juga berjanji untuk memperkenalkan produk mereka dalam rapat di PT. Angkasa Pura I, Bandara Adisucipto yang akan dilakukan pada hari jumat depan.


Pelatihan Pembuatan Yohgurt Susu Kambing Bersama Bapak Tri Yahya Budiarso, S.Si, M.P. dan Ibu Dr. Charis Amarantini, M.Si dan Kelompok Tani Gotro

Kamis, 11 Juli 2019| 10.00 WIB - 12.00 WIB | Laboratorium Bioteknologi Lt.1 | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Pada hari Kamis, tanggal 11 Juli 2019 kemarin, Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM), Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana mengadakan Pelatihan Pembuatan Yohgurt Susu Kambing, di Laboratorium Bioteknologi, Universitas Kristen Duta Wacana.

Peserta pelatihan adalah Bapak dan Ibu dari Kelompok Tani Kambing Peranakan Ettawa "Gotro", yang juga merupakan anggota dari Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Narasumber dari pelatihan ini adalah Bapak Tri Yahya Budiarso, S.Si, M.P. dan Ibu Dr. Charis Amarantini, M.Si. Beliau mengajarkan tentang cara pembuatan Yohgurt dengan menggunakan pemanasan manual dengan kompor, maupun dengan alat Autoclave.

Dalam Pelatihan Yohgurt, juga diserahkan bantuan kepada Kelompok Tani Gotro. Yaitu Bantuan berupa modal alat Blender untuk homogenisasi dan Kompor Portable untuk pemanas dari Bapak Tri Yahya Budiarso, S.Si., M.P. dan juga bantuan berupa modal usaha simpan pinjam sebesar Rp.750.000 dari Program "Siti Murkanti Memberdayakan Perempuan dan Keluarga Miskin"

Kiranya pelatihan ini dapat menambah ilmu dan pengembangan variasi produk yang dapat dijual oleh Kelompok Tani Gotro.


Syawalan Anggote Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Kamis, 27 Juni 2019| 10.00 WIB - 13.00 WIB | Ponpes Sunan Kalijaga, Jaranan, Panggungharjo, Bantul | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Pada hari ini, Kamis 27 Juni 2019, Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa (KK GJR) mengadakan acara Syawalan Lintas Iman untuk Anggota KK GJR. Tema materi pada syawalan ini adalah "Idul Fitri 1440 H : Momentum Memperkuat Silaturahmi dan Kebangsaan". Narasumber yang memberikan paparan adalah Ibu Farsijana Adeney-Risakotta dan Bapak Andry Lesmono.

Dengan adanya perayaan Idul Fitri di Indonesia, diharapkan dapat menjadikan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sesama rakyat Indonesia, tanpa menghiraukan latar belakang budaya maupun agamanya. Indahnya Idul Fitri.


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA