Berita




Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat, Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana Memfasilitasi Studi Banding Pasar Papringan dan Sarasehan bersama Bapak Singgih Susilo Kartono di Desa Kandangan, Temanggung

Minggu, 17 Febuari 2019| 06.00 WIB - 15.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Minggu, 17 Februari 2019, rombongan yang terdiri dari akademisi, pemerintah dari Kecamatan Samigaluh, Kepala Desa Kebonarjo, Kepala Desa Sidoharjo, Kepala Desa Pagerharjo dan kepala dukuh dari masing-masing desa, bersama dengan wakil-wakil dari kelompok masyarakat, sebagai anggota dari Koperasi Griya Jati Rasa, melakukan kunjungan ke pasar Papringan dan sekaligus mengadakan sarasehan bersama Bapak Singgih Susilo Kartono di desa Kandangan, Temanggung. Kegiatan ini dipimpin oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta PhD selaku Investigator Program Samigaluh Tanggap Globalisasi. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat, pihak swasta dan pemerintah menghadapi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan Bedah Menoreh.

Pemilihan lokasi studi banding dan sasaran pembelajaran yang ditujukan kepada penguatan kerja Bapak Singgih memberdayakan potensi lokal yang ramah lingkungan, yang bisa mendorong dan menggerakkan ekonomi lokal dan sekaligus menjaga keberlangsungan kewirausahaan berbasisi kebijakan lokal, diharapkan akan menjadi inspirasi kepada masyarakat di Kulon Progo siap menghadapi globalisasi yang sedang terjadi melalui pendirian NYIA. Untuk mengawalinya, Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat, Fakultas Bisnis, UKDW telah melakukan workshop “Samigaluh Tanggap Globalisasi, Tanggungjawab Bersama Umat beragama” pada tanggal 31 Mei 2018. Hasil lokakarya menurunkan berbagai kegiatan seperti riset dosen, riset kolaborasi mahasiswa dosen dari program MM, UKDW, program pemberdayaan kapasitas anggota kelompok koperasi Griya Jati Rasa yang berada di Samigaluh; penguatan spesifikasi produk dan pengurusan HAKI.

Tujuan yang diharapkan dari studi banding adalah Pertama, mendorong wakil-wakil kelompok-kelompok dampingan Yayasan Griya Jati Rasa, yaitu anggota Koperasi Griya Jati Rasa untuk menambah pengetahuan dalam pengelolaan terpadu produk untuk meningkatkan nilai tambah bagi warga maupun usaha bersama di tingkat desa, mendorong adanya pembuatan produk ekonomi berbahan daur ulang dan mampu mengorganisir kegiatannya dalam bentuk koperasi sebagai wadah pembelajaran dan pemupukan modal bersama. Kedua, memfasilitasi akses dari kelompok-kelompok dari masing-masing desa di Kecamatan Samigaluh, wilayah kabupaten Kulon Progo maupun di lingkungan DI.Yogyakarta untuk bisa bekerja sama membangun produk unggulan setempat yang menjadi ciri khas warga dan tempatnya dalam pengembangan jalur wisata dan lama tinggal wisatawan terkait dengan kehadiran NYIA. Ketiga, mendorong masyarakat sipil, Yayasan dan Lembaga Swadaya Masyarakat dan akademisi sebagai partner kerja dari Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyakat untuk berjejaring dalam membantu penguatan kapasitas pengurus dan anggota Koperasi Griya Jati Rasa sehingga bisa siap memfasilitasi pemasaran produk anggota-anggota maupun non anggota di NYIA. Acara ini diikuti kurang lebih 30 orang yang datang dari Kabupaten Kulon Progo maupun dari Yogyakarta.(Farsijana)


Lokakarya “Mengubah Sampah Plastik Menjadi Hidup yang Lebih Baik” di Dusun Jaranan Desa Panggungharjo

Jumat, 7 Desember 2018| 13.00 WIB - 15.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Pada hari jumat tanggal 7 Desember 2018 kemarin, Yayasan Griya Jati Rasa bekerjasama dengan Pondok Pesantren Sunan Kalijaga yang diasuh oleh Bapak Beny Susanto, S.Ag., M.Si kembali menyelenggarakan lokakarya "Mengubah Sampah Plastik Menjadi Hidup yang Lebih Baik". Narasumber yang membagikan ilmunya adalah Ibu Suparmi dan Ibu Rini, penggiat dan pengrajin dengan bahan baku sampah dari Sedayu Bantul.

Pada pelatihan kemarin, peserta yang hadir di ajarkan untuk membuat kerajinan bunga dan bros dari sampah plastik kresek. Kiranya dengan pelatihan ini, dapat memacu kreatifitas dari ibu-ibu di Dusun Jaranan untuk mengolah sampah plastik yang ada disekitarnya untuk menjadi produk layak jual seperti bunga dan bros yang diajarkan pada pertemuan ini. Pada pertemuan ini juga diserahkan "Rumah Baca Semar" untuk santri yang ada di Ponpes Sunan Kalijaga. Yang secara berkala, koleksi bukunya akan dirotasi dengan buku2 yang ada di "Rumah Baca Semar" yang ada di Rumah Bapak Karwaji. Semoga dengan adanya "Rumah Baca Semar" ini, dapat menambah pengetahuan adik2 santri yang sedang belajar di Ponpes Sunan Kalijaga. Salam Semangat


Penyerahan Bantuan Hibah Berupa Alat Pengolah Pupuk Organik Kepada Kelompok Tani Kambing Ettawa Gotro dan Alat Spinner Kepada Kelompok Pertanian Organik dan Olahan Makanan Lokal Dari Program Samigaluh Tanggap Globalisasi Tanggungjawab Bersama Umat Beragama

Jumat, 19 Oktober 2018| 13.00 WIB - 15.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Pada hari ini, tanggal 19 Oktober 2018, kami dari Tim Coaching menyerahkan bantuan hibah alat dari Program Samigaluh Tanggap Globalisasi Tanggungjawab Bersama Umat Beragama.

Bantuan diberikan kepada : Kelompok Pertanian Organik dan Olahan Makanan Lokal, berupa alat spinner untuk meniriskan minyak pada olahan makanan. Bantuan diterima oleh Ibu Ratminingsih selaku perwakilan dari kelompok; dan juga kepada Kelompok Tani Kambing Ettawa, berupa Alat Penghancur Pupuk Organik untuk membuat pupuk organik dari kotoran kambing. Bantuan diterima oleh Bapak Susanto selaku perwakilan dari kelompok.Semoga bantuan alat ini dapat berguna untuk meningkatkan kualitas dan nilai ekonomis dari produk yang produksi oleh masing-masing kelompok.


Yayasan Griya Jati Rasa Menerima Donasi dari Ibu Monica untuk Rumah Baca Semar di Dusun Ngglotak, Sentolo, Kulon Progo

Kamis, 30 Agustus 2018| 08.00 WIB - 16.25 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Pada tanggal 6 Agustus 2018, Yayasan Griya Jati Rasa menerima donasi sebesar $100 dari Ibu Monica, jemaat Gereja Presbyterian di Amerika. Donasi ini ditujukan untuk mendukung pengembangan Rumah Baca Semar milik Yayasan Griya Jati Rasa yang diberikan kepada Bapak Karwaji, seorang guru kesenian jawa yang tinggal di Dusun Ngglotak, Sentolo, Kulon Progo.

Pada setiap hari minggu, diadakan kegiatan latihan tari dan gamelan untuk anak-anak yang tinggal di sekitar rumah beliau. Disela-sela latihan tari inilah anak-anak biasanya membaca koleksi buku-buku yang ada pada Rumah Baca Semar. Dengan adanya donasi dari Ibu Monica, Yayasan Griya Jati Rasa dapat membeli buku-buku baru, untuk melengkapi koleksi buku yang ada pada Rumah Baca Semar

Pada foto diatas mendokumentasikan ketika Ibu Farsijana Adeney-Risakotta, PhD menerima donasi dari Ibu Monica di Amerika. Kemudian pada foto selanjutnya adalah penyerahan donasi melalui Ibu Maritje Sapardi kepada bendahara Yayasan Griya Jati Rasa untuk kemudian dapat dibelikan koleksi buku baru. Dan Foto terakhir adalah foto ketika Bapak Ign. Haris Kristianto, SIP selaku Manajer Yayasan Griya Jati Rasa menyerahkan koleksi buku baru kepada Bapak Karwaji.

Kami atas nama Yayasan Griya Jati Rasa yang juga mewakili anak-anak dari Dusun Ngglotak mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Monica, kiranya dengan adanya koleksi buku baru ini, anak-anak dapat lebih rajin untuk membaca dan menambah ilmu pengetahuan mereka.


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA