Berita




Merayakan HUT ke-5, Yayasan Griya Jati Rasa membangun protocol penanggulangan Corvid-19 dengan Gojek

Sabtu, 28 Maret 2020| 09.00 WIB - 12.00 WIB | Komunitas Sagty, Sedayu | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Gojek sangat membantu warga Yogyakarta. Pada masa prihatin corvid-19 sopir gojek perlu menjaga staminanya. Yayasan Griya Jati Rasa merayakan HUT k-5 dengan memberikan bantuan hand sanitizer yang dibuat oleh anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa kepada Sedayu Gojek Community (SAGTY) di Sedayu, kabupaten Bantul. Genta seorang sopir Gojek adalah anak ibu Anna Istanti, pemilik Arimbi Resto, sekaligus manajer dan anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Melalui Genta, kelompok Gojek Sedayu yang berjumlah 70 orang bisa dihubungkan untuk menerima paket tersebut. Mereka diwakili oleh lima orang sopir Gojek. Penyerahan hand sanitizer (50 botol) dan sabun mandi (50 potong) diserahkan oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta, selaku pendiri Yayasan Griya Jati Rasa pada hari ulang tahun Yayasan di hari Sabtu tanggal 28 Maret 2020 di pangkalan Gojek di areal Kompleks Universitas Mercu Buana di Yogyakarta.

Bersama dengan bantuan kepada Gojek juga disebarkan Protokol Penanggulangan Corvid-19 dalam bentuk online kepada masyarakat luas, yang sekaligus bisa digunakan kepada sopir dan pengguna Gojek. Masyarakat luas bisa mengakses Protokol Penanggulangan Corvid-19 di website Griya Jati Rasa (www.griyajatirasa.com). Pada kesempatan itu, dilakukan juga demo membersihkan tangan selama 20 detik sambil menyanyikan lagu Padamu Negeri. Video demo akan tersedia melalui youtube untuk menjangkau masyarakat luas. Tujuan pemberian hand sanitizer dan sabun kepada jejaring gojek supaya mereka tetap kerja tanpa sakit dan bisa juga melindungi penularan corvid-19 ke keluarganya.

Semula perayaan hari ulang tahun ke-5 Yayasan Griya Jati Rasa akan dirayakan bersama anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa, yaitu kelompok trekking Terbit Menoreh di dusun Madigondo, desa Sidoharjo, Kabupaten Samigaluh. Namun kegiatannya dipindahkan dengan memberikan bantuan hand sanitizer dan sabun mandi. Paket sabun mandi juga mulai diberikan kepada anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa di dusun Gabug, desa Giri Cahyo, Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini sekaligus mengawali kampanye “satu keluarga satu sabun untuk mencuci tangan 20 detik setiap 20 menit sambil menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Yayasan Griya Jati Rasa sebagai Lembaga Kesejahteraan Masyarakat bergerak dalam membangun dan memberdayakan kreativitas bangsa untuk keadilan dan perdamaian. Bekerja bersama Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat, Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana, Yayasan Griya Jati Rasa memberdayakan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Program Samigaluh Tanggap Globalisasi yang dilakukan di tiga desa di Pagerharjo, Sidoharjo dan Kebonharjo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo adalah untuk mempersiapkan warga masyarakat menghadapi transformasi lingkungan dan lapangan kerja sesudah pemerintah menetapkan Borobudur sebagai Kawasan strategis pariwisata nasional yang ditunjang dengan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta.

Kiranya Corvid-19 bisa menyatukan warga Yogyakarta melewatinya dengan laku prihatin, cerdas dalam mengelola protocol penanggulangan corvid-19 untuk bisa dipraktekkan dengan disiplin tinggi. Hanya dengan praktek ini, wabah corvid-19 bisa diatasi, demikian harapan dari Ibu Farsijana Adeney-Risakotta ketika penyerahan bantuan diberikan kepada Gojek (Farsijana).


Pemberian Bantuan Kepada Pengrajin Jam Tangan Kayu, Bapak Ahmad Heri, dari Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat, Fakultas Bisnis, UKDW dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Selasa, 17 Maret 2020| 08.00 WIB - 13.00 WIB | Kantor Kalurahan Sidoharjo, Samigaluh| Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Hari ini telah dilakukan follow up atas proposal permohonan bantuan dana pembelian alat untuk pengembangan usaha yang diajukan oleh bapak Ahmad Heri (pengrajin jam tangan kayu dari Madigondo, yang juga anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa) kepada Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat(PSPTM), Fakultas Bisnis UKDW, dalam program Samigaluh Tanggap Globalisasi(STG).

Dari total kebutuhan dana sebesar 7.5juta, PSPTM menyetujui untuk memberikan hibah sebesar 3,5juta rupiah, sedangkan kekurangannya akan dibantu oleh Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dalam bentuk pinjaman selama 12 bulan. Proses pencairan hibah dari PSPTM dan pinjaman dari koperasi telah dilaksanakan kmrn, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama antara Pemerintah Desa Sidoharjo (Bapak Lurah Umari), Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa (Ibu Anna Istanti) dan Bapak Heri, dimana ketiga pihak sepakat Sepakat untuk melakukan kerjasama dalam pemberdayaaan masyarakat untuk memproduksi Produk Unggulan Kayu secara optimal dan pengembangan potensi lainnya di Kalurahan Sidoharjo.


Workshop “Analisis Potensi dan Bisnis Anggota Untuk Menyusun Profil Usaha Kelompok Trekking Terbit Menoreh

Selasa, 3 Maret 2020| 08.00 WIB - 13.00 WIB | Warung Kopi Mbak Mar, Madigondo, Samigaluh | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Pengetahuan adalah milik bersama supaya setiap orang mengerti. Anggota Trekking Terbit Menoreh (TTM) bertanya kepada Ibu Farsijana Adeney-Risakotta “Bagaimana kami bisa berkembang, pengetahuan kami bertambah dan kami bisa punya keterampilan kelola organisasi baru ini Trekking Terbit Menoreh”. Sebagai anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa, TTM diberdayakan oleh Ibu Tutun Seliari, dosen Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW melalui Program Samigaluh Tanggap Globalisasi (STG) dari Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM), Fakultas Bisnis, UKDW.

Pada hari selasa tanggal 3 Maret 2020, Workshop “Analisis Potensi dan Bisnis Anggota Untuk Menyusun Profil Usaha Kelompok Trekking Terbit Menoreh” diberikan oleh Ibu Farsijana supaya kelompok TTM di setiap Pos Destinasi Wisata bisa menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru. Ada 6 Pos yaitu Pawon Kopi Bu Marwiyah, Nggapura, Watu Jengger, Watu Tumpeng, Tirto Lanceng dan Kebon Curug. Terimakasih UN Women Indonesia dan @ukmindonesiaid karena bahan dari contoh kasus Hepi Jus juga bisa digunakan untuk memfasilitasi profil usahanya sendiri. Ayo bersemangat Ibu-Ibu dan Bapak- Bapak angota kelompok TTM. Salam Griya Jati Rasa


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA