Berita




Rapat Pembahasan Standar Operasional Prosedur Koperasi Griya Jati Rasa

Jumat, 8 September 2017 | 08.00-10.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Pada hari ini, Jumat, 8 September 2017, kami pengurus dan pengawas Koperasi Griya Jati Rasa mengadakan rapat rutin pengawas dan pengurus untuk membahas revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) Koperasi Griya Jati Rasa. Rapat ini dihadiri oleh pengawas Koperasi yaitu, Bapak Singgih Santosa dan Ibu Farsijana Adeney-Risakotta dan pengurus Koperasi yaitu Bapak Robert Sharleynicos Amrin, Ibu Anna Istanti, Ibu Maria Julia Anes, Bapak Krisdiyanto dan volunteer dari Yayasan Griya Jati Rasa, yaitu Sdri. Pujiastuti.

Pada Rapat ini dibahas tentang 3 unit usaha yang akan dimiliki Koperasi Griya Jati Rasa, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Usaha Dagang dan Unit Usaha Pembinaan. Perumusan SOP Unit Usaha Simpan Pinjam telah selesai, dengan melakukan beberapa revisi dari SOP Simpan Pinjam yang ada sebelumnya. Untuk Perumusan SOP Unit Usaha Dagang dan Unit Usaha Simpan Pinjam akan dibahas pada agenda rapat pengawas dan pengurus selanjutnya.


Kunjungan Dosen Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana ke Kantor Yayasan Griya Jati Rasa

Kamis, 31 Agustus 2017 | 08.00-10.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Pada hari ini, Yayasan Griya Jati Rasa mendapatkan kunjungan dari Dosen Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta, yaitu Bapak Purwanto dan Bapak R. Tosan Tri Putro. Kunjungan ini merupakan follow up dari surat permohonan pembuatan desain kemasan teh yang kami kirimkan kepada Fakultas Desain Produk UKDW. Surat permohonan ini kami kirimkan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MOU antara Universitas Kristen Duta Wacana dan Yayasan Griya Jati Rasa. Kami bermaksud mengundang dosen-dosen dari Program Studi Desain Produk untuk terlibat membantu salah satu anggota Koperasi Griya Jati Rasa, yaitu Bapak Sukohadi untuk membuat kemasan produk teh yang isinya bisa terdiri dari beberapa macam/jenis teh, dengan kemasan ramah lingkungan, tertera keterangan proses produksi teh, dan tercantum hasil uji laboratorium dari teh.

Bapak Sukohadi saat ini bersama dengan para petani teh di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, sudah terlibat membuat teh dan mengemasnya untuk dipasarkan secara luas. Namun masih terbentur dengan kemasan plastik yang tidak ramah lingkungan, yang tidak terlalu disukai oleh wisatawan luar negeri yang berkunjung di Yogyakarta. Diharapkan, dengan adanya bantuan desain kemasan dari Bapak Purwanto dan Bapak R. Tosan Tri Putro dapat membantu memperluas pemasaran produk teh Bapak Sukohadi.


Verifikasi Koperasi Griya Jati Rasa dari Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta

Selasa, 29 Agustus 2017 | 12.00-14.30 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Pada hari ini, 3 orang perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta datang ke kantor Koperasi Griya Jati Rasa untuk melakukan Verifikasi Data terkait dengan proses perijinan yang sedang diajukan oleh Koperasi Griya Jati Rasa. Proses Verifikasi ini adalah salah satu proses yang wajib dilakukan dalam proses pengurusan ijin koperasi untuk melakukan pemeriksaan tentang kebenaran laporan dan pernyataan tentang data-data Koperasi Griya Jati Rasa yang telah dikumpulkan terkait dengan pengurusan ijin badan hukum.

Proses Verifikasi dilakukan dengan melakukan wawancara dan tanya jawab terkait dengan proses unit usaha yang berjalan di Koperasi Griya Jati Rasa, baik itu simpan pinjam maupun penjualan, dan Laporan-Laporan Keuangan yang ada. Proses ini berjalan dengan lancar dan dalam suasana yang hangat, dimana Bapak Sultoni yang memimpin proses ini, merasa puas dengan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, dan sekaligus memberikan masukan kepada pengurus Koperasi Griya Jati Rasa tentang tips and trik menjalankan dan mengurus anggota Koperasi.


Retret Kemerdekaan Lintas Agama

Kamis, 17 Agustus 2017 - Jumat, 18 Agustus 2017 | 09.00-18.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Dalam rangka turut merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, Yayasan Griya Jati Rasa mengadakan Retret Kemerdekaan Lintas Agama pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2017 di Pondok Jati Rasa, Alas Wegode, Parangtritis. Peserta acara ini terdiri dari staf Yayasan dan Koperasi Griya Jati Rasa dan Sahabat dari Griya Jati Rasa, yaitu Ustad Benny Susanto bersama 2 orang rekannya, dan beberapa mahasiswa dari ICRS Yogyakarta.

Retreat ini difasilitatori oleh Mr. Kiochi Ohtawa dan Mrs. Shioko Ohtawa.Beliau telah memimpin retret spiritual di Jepang, Swiss dan banyak negara lainnya selama bertahun-tahun. Koichi Ohtawa sebelumnya adalah Sekretaris Jenderal Persekutuan Mahasiswa Evangelis Internasional (IFES), untuk Asia. Dia adalah murid almarhum Dr. Hans Burke, seorang Psikolog Swiss, yang memfasilitasi seminar Life Revision, untuk para pemimpin agama di pegunungan Swiss. Selain mempraktikkan disiplin spiritual Kristen, Ohtawa telah belajar dari tradisi lain, termasuk praktik Budha Zen. Ini akan menjadi pertama kalinya Kiochi dan Shioko Ohtawa telah memfasilitasi retret dengan umat Islam dan Kristen bersama.

Pada hari kemerdekaan Indonesia ini, kami mengadakan retret satu hari untuk merenungkan makna sebenarnya dari kebebasan (kemerdekaan). Kebebasan datang dengan integritas (bermartabat), perhatian (waspada) dan mendengarkan keinginan terdalam hati kita (rasa dan jati diri).


Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Yayasan Griya Jati Rasa dengan Universitas Kristen Duta Wacana

Selasa, 18 Juli 2017 | 10.00-12.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Pada hari ini, Selasa, 18 Juli 2017 dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama (Memorandum of Understanding) antara Universitas Kristen Duta Wacana dengan Yayasan Griya Jati Rasa. Penandatanganan dilakukan oleh Ir. Henry Feriadi selaku Rektor dari universitas Kristen Duta Wacana da Ibu Anna Istanti selaku Sekretaris Yayasan Griya Jati Rasa.

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerjasama dalam peningkatan kualitas bidang pendidikan entrepreneurship, pelatihan Sumber Daya Manusia, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing guna kelancaran pelaksanaan dan tugas kedua belah pihak. Hal-hal yang menyangkut pelaksanaan kegiatan kerjasama, akan diatur dan dituangkan dalam perjanjian tersendiri yang hanya berlaku atas persetujuan kedua belah pihak, dan dicantumkan dalam suatu naskah perjanjian kerjasama yang akan dilaksakan oleh pejabat yang diberi tugas/kuasa oleh masing-masing pihak dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepahaman Kerjasama ini.

Nota Kesepahaman Kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu 5(lima) tahun sejak ditandatangani dan/atau dapat diperpanjang dan/atau diakhiri dengan persetujuan bersama kedua belah pihak.
Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan Yayasan dan Koperasi Griya Jati Rasa dapat menjangkau dan bekerjasama dengan para pakar dan peneliti yang ada di Universitas Kristen Duta Wacana untuk mau terjun kelapangan, melihat dan mengamati serta mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh warga masyarakat di desa binaan Yayasan Griya Jati Rasa.


Pertemuan Rutin dan Peringatan Syawalan Koperasi Griya Jati Rasa

Kamis, 27 April 2017 | 09.00-12.00 WIB | Galeri Foto Kegiatan | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Dalam rangka turut merayakan Hari Raya umat islam, Koperasi Griya Jati Rasa mengadakan pertemuan rutin anggota dan syawalan. Acara diadakan pada tanggal 27 April 2017, bertempat di rumah Ibu Endarni di Kalitirto Berbah.

Koperasi Griya Jati Rasa mengundang Ustad Benny Susanto, pemimpin Pesantren Sunan Kalijaga di Gresikan Bantul yang juga Sahabat Griya Jati Rasa, untuk memberikan Tausiyah dengan tema “Melakukan Syawalan, Membangun Kerukunan Pancasila”. Beliau bercerita banyak tentang menurunnya kondisi kerukunan yang sedang terjadi di Indonesia belakangan ini, dikarenakan banyak hal, yang salah satunya adalah kepentingan politik. Disini beliau juga mengajarkan tentang bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama dan hidup damai dalam Pancasila dari NKRI.

Acara Syawalan ini ditutup dengan doa, makan bersama dan saling bersalaman antara masing-masing anggota koperasi, untuk memohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan yang mungkin terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja.


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA