Berita




Diklat Digitalisasi Manajemen Keuangan. Tahap 3 Paket Diklat Digitalisasi Koperasi

Selasa, 5-7 Oktober 2021| 08.00 WIB | FORRIZ Hotel | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Narasumber dari diklat ini adalah Ibu Uang Wari, General Manajer BMT UMY beserta pengelola BMT yaitu Bapak Cahyo, Bapak Rozi dan Bapak Fenta. Ibu Uang Wari menceritakan tentang komitmen beliau untuk mendigitalisasi BMT UMY dari sejak awal beliau menjabat sebagai General Manajer. Komitmen lain yang beliau pegang adalah transaksi yang ada di BMT UMY harus tanpa Riba sehingga saat ini tagline mereka adalah “Transaksi Syar’i Tanpa RIBA”. Komitmen ini dijalankan dari tahun 2011 sampai dengan saat ini dan berlanjut kedepannya.

Pada awalnya BMT UMY hanya melayani karyawan UMY, namun kemudian beliau melihat ada peluang usaha pada saat melihat permasalahan pembayaran uang kuliah mahasiswa yang sering membuat pusing pihak dosen dan kampus, dikarenakan banyaknya mahasiswa yang meminta dispensasi waktu pembayaran sampai 6 bulan kedepan. Ibu Uang Wari kemudian mencoba menawarkan produk pinjaman uang kuliah mahasiswa dari BMT UMY kepada pihak kampus, untuk membantu mahasiswa dan juga pihak kampus. Ibu Uang Wari juga mencoba melakukan pendekatan kepada jajaran rektorat, untuk memohonkan kerjasama agar BMT UMY juga dapat menerima pembayaran uang kuliah dari mahasiswa. Puji Tuhan ke-2 tawaran tersebut diterima oleh pihak kampus dengan masa uji coba terlebih dahulu. Kampus memutuskan setuju tidak ada lagi dispensasi waktu pembayaran uang kuliah dengan jangka waktu lebih dari 1 bulan. Jika lebih dari itu, mahasiswa disarankan untuk melakukan pinjaman uang kuliah ke BMT UMY, untuk kemudian diangsurkan sesuai kesepakatan bersama. Lalu untuk pembayaran kuliah, pada awalnya pihak kampus hanya mengijikan BMT UMY untuk menerima pembayaran dengan limit sampai dengan 2 milyar, yang kemudian dievaluasi, karena testimoni yang baik dari pihak mahasiswa, maka limit tersebut kemudian ditambahkan mulai dari 3 milyar sampai dengan 5 milyar pada semester-semester berikutnya.

Pada tahun 2017, BMT mulai meluaskan pasar dengan menerima anggota diluar karyawan dan mahasiswa UMY.

Pada sesi selanjutnya bapak Cahyo menjelaskan tentang tata kelola keuangan syariah di BMT UMY yang tanpa Riba. Pembiayaan dapat dilakukan dengan skema jual beli murabahah dimana anggota atau calon anggota datang ke BMT UMY dengan menyampaikan kebutuhannya, kemudian BMT UMY akan membelikan atau memesankan kebutuhan tersebut kepada suplier, dan kemudian melakukan akad dan serah terima barang sesuai dengan kesepakatan. Lalu juga ada skema kerjasama (Musyarakah) dimana tujuan pembiayaan adalah untuk usaha/proyek. Anggota atau calon anggota datang ke BMT UMY untuk menyampaikan kebutuhan modal dan menceritakan usahanya. BMT UMY akan melakukan analisa kelayakan usaha tersebut, dan mengitung cash flow yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya. Pembiayaan bisa dilakukan dengan full atau penggabungan porsi modal. Setelahnya akan dilakukan kesepakatan tentang bagi hasil sesuai dengan modal yang diberikan dan dilanjutkan dengan akad. Pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan nisbah yang telah disepakati. Lalu juga ada skema pesan bangun (Ishtisna), yaitu akad jual beli dalam bentuk pemesanan pembuatan barang tertentu dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan dan penjual. Anggota atau calon anggota memesan kepada BMT UMY untuk dibangunkan atau direnovasikan rumah. BMT kemudian melakukan analisa kelayakan dan membuat RAB sesuai pesanan. Setelah itu dilakukan akan ishtisna dan BMT akan membangun atau merenovasi rumah sesuai RAB yang disepakati.

Pada sesi selanjutnya Pak Cahyo menjelaskan tentang pengembangan usaha BMT UMY dengan beriklan melalui internet. Iklan dilakukan secara berbayar dengan menggunakan facebook ads yang biayanya paling murah Rp.20.000/hari, maupun secara tidak berbayar dengan cara giveaway. Misalnya saat ini, BMT UMY sedang melakukan program giveaway, memberikan hadiah/giveaway sebesar 1 juta, 750 ribu dan 500 ribu kepada 3 orang yang memberikan review terbaik dan juga 20 buku karya Ustadz Ammi Nur Baits serta 20 buku karya Kang Saptuari. Adapun caranya adalah dengan memberikan ulasan cerita seru bertransaksi di BMT UMY pada Google Maps milik BMT UMY. Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah ulasan yang positif di Google Maps BMT UMY yang dapat meningkatkan kepercayaan calon anggota kepada BMT UMY.

Pada sesi selanjutnya pak Rozi dan Bapak Fenta menjelaskan tentang pemeliharaan dan pengembangan sosial media BMT UMY melalui pembuatan konten-konten untuk facebook, instagram dan youtube. Konten sebaiknya dibuat berkala dengan direncanakan sebelumnya. Konten di instagram atau facebook sebaiknya dibuat seragam, dengan menggunakan warna khas perusahaan. Misalnya pada BMT UMY, menggunakan warna hijau, shopee warna orange, lazada warna biru, supaya ketika orang lain secara sekilas melihat ada update, mereka sudah bisa langsung tau, jika update tersebut adalah dari BMT UMY. Dan untuk pembuatan konten di website dengan penulisan artikel-artikel dengan judul dan address sesuai dengan kata kunci yang ingin disasar. Misalnya, BMY UMY ingin menyasar kata kunci kredit tanpa riba. Maka BMT UMY akan membuat serangkaian artikel dengan judul yang memuat kata kunci tersebut. Misalnya artikel dengan judul “Kredit Online di BMT UMY, Insya Allah Tanpa Riba”, “Kredit Alat Usaha Jogja Insya Allah Tanpa Riba”, “Cara Kpr Rumah Magelang yang syariah dan tanpa riba”, dan “KPR Rumah Purworejo, Solusi Beli Rumah Tanpa Riba”. Artikel-artikel ini akan diupload ke website BMT UMY secara berkala. Sehingga pada saat orang membuka google, kemudian mengetikan kata kunci “Kredit tanpa Riba”, maka website BMT UMY bisa ada pada halaman pertama pada hasil pencarian google.


Workshop dan Webinar Hari Santri Nasional Tahun 2021 "Optimisme Kebangkitan Ekonomi untuk DIY Sehat dan Tangguh"

Senin, 27 September 2021| 09.00 WIB | Kantor DPD DIY | Staf Griya Jati Rasa



Penyetoran Produk Koperasi Untuk Dijual di Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Jumat, 24 September 2021| 09.00 WIB | Kantor Koperasi dan Diskop UKM DIY | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Kami bersyukur karena semua persiapan bisa diselesaikan dan produk anggota bisa diantar sampai ke kantor Dinas Koperasi Dan UMKM DI.Yogyakarta. Hari ini juga produk2 tsb diantar ke Galeri Kota Gede di Yogyakarta International Airport. Semoga masyarakat bisa segera melihat produk-produk anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang unik dan berbeda dlm kualitas desain tetapi berakar pada tradisi Yogyakarta.


Diklat Pelayanan Digital untuk Anggota Koperasi. Tahap 2 Paket Diklat Digitalisasi Koperasi

Senin, 13-15 September 2021| 08.00 WIB | Hotel New Saphir Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Hari ini Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa memiliki kesempatan untuk ikut dalam diklat yang diadakan oleh Dinas Koperasi UKM D.I. Yogyakarta. Narasumber dari diklat ini adalah Ibu Uang Wari, General Manajer BMT UMY beserta pengelola BMT yaitu Bapak Rozi dan Bapak Fenta.

Pada hari pertama Ibu Uang Wari menceritakan tentang sistem yang berjalan pada BMT UMY, dimana semua transaksi sudah tercatat dalam sistem online. Digitalisasi sistem dilakukan untuk mengoptimalkan kerja dari setiap unit yang ada pada BMT UMY. Dengan sistem ini, BMT UMY dapat memberikan layanan yang terbaik bagi setiap anggotanya. Kesan koperasi konvensional yang masih menggunakan buku dan catatan kertas dihindari, sebaliknya BMT UMY memberikan layanan terdigitalisasi dengan pencatatan pada buku tabungan serupa dengan yang diberikan bank, dan juga online sistem yang memungkinkan anggota untuk mengakses data miliknya kapan saja dan dimana saja. Hal ini meningkatkan rasa percaya dari anggota, sehingga semakin yakin untuk bertransaksi di BMT UMY. /p>

Pada hari yang kedua dan ketiga, peserta diklat diajak untuk belajar tentang media sosial, facebook dan instagram. Bapak Cahyo, Bapak Rozi menjelaskan tentang teori terkait facebook dan instagram. Dan bersama Bapak Fenta, peserta diajak untuk praktek membuat video singkat tentang profil produk.


Kunjungan Ke Anggota Yang Produknya Lolos Kurasi

Sabtu, 11 September 2021| 09.00 WIB | Imogiri, Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Dalam rangka folow up hasil kurasi produk fashion dan kraf kemarin, hari ini kami melakukan kunjungan ke anggota yang berdomisili di Imogiri, Bantul. Kunjungan pertama dilakukan kerumah Ibu Wahadah di Wukirsari. Beliau adalah pengrajin batik tulis. Ibu Anna dan Ibu Farsijana menjelaskan kepada ibu Wahadah terkait hasil kurasi produk batik tulis dan berdiskusi terkait motif batik asli jogja yang akan dipesan.

Kunjungan selanjutnya adalah kedaerah Pucung dimana Ibu Nia yang adalah pengrajin kulit tinggal. Disana Ibu Anna dan Ibu Farsijana kembali menjelaskan terkait hasil kurasi produk pembatas buku wayang dan berdiskusi terkait perbaikan produk. Ibu Farsijana memberikan usulan untuk membuat pembatas buku wayang dengan desain Arjuna dan para istri-istrinya, untuk menambah varian koleksi pembatas buku yang koperasi telah miliki.


Penyerahan 65 Nasi Kotak kepada Pasien Isoman

Senin, 30 Agustus 2021| 18.00 WIB | Shelter Syantikara | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Yayasan Griya Jati Rasa dan Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi, Fakultas Bisnis, UKDW dalam Progam Peduli Covid-19 membagikan 65 kotak makan malam kepada Pasien Covid-19 yang tengah menjalani Isolasi Mandiri di Shelter Syantikara, Yogyakarta.

Nasi Kotak disiapkan oleh Ibu Anna Istanti bersama dengan Ibu Endang Ratnaningsih dan dimasak di kediaman ibu Anna di Sedayu, Bantul. Kiranya bantuan yang diberikan dapat membantu anggota koperasi dan warga terdampak Covid-19 di Yogyakarta.


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA