Berita




Perayaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema, "Koperasi Griya Jati Rasa Membangun Kebangsaan, Penguatan Hak Dasar Warga dan Kemandirian"

Kamis, 28 Oktober 2021| 10.00 WIB | Kantor Harian Kedaulatan Rakyat | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Audiensi Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dengan Bapak Musahada Redaktur Harian Kedaulatan Rakyat hari ini, dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda. Koperasi mengajak pemuda dan pemudi untuk berkarya bersama, membangun perekonomian rakyat.

Perumusan agenda utama adalah pengurus dan anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dapat melakukan audiensi dengan Pemimpin Redaksi Kedaulatan Rakyat untuk bisa secara bersama mendukung upaya mengajak pemuda/pemudi di DI.Yogyakarta untuk terlibat dalam memproduksi produk yang akan mendapat bimbingan dari Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa sehingga bisa diikut sertakan dalam ujian kompetensi kurasi.

Audiensi antara Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dengan pemimpin redaksi Koran Kedaulatan Rakyat pernah dilakukan dalam rangka perayaan hari Ibu pada tanggal 22 Desember 2017. Pada saat itu pada ibu-ibu membawa produknya. Pada tahun 2021, 100 persen produk yang telah lolos untuk dipasarkan di Yogyakarta Internasional Airport dibuat oleh perempuan. Diharapkan dengan perayaan hari Sumpah Pemuda tahun 2021 melalui kegiatan audiensi ini, bisa mendorong pemuda/I di DI.Yogyakarta untuk bergabung dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rada yang akan bersama-sama melakukan pembimbingan terhadap mutu produk yang bisa diikutkan dalam uji kompetensi kurasi di kesempatan lain.

Dengan adanya keterhubungan secara daring, diharapkan Audiensi dan diskusi antara Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dan pemimpin redaksi Kedaulatan Rakyat bisa ditampilkan juga melalui zoom. Dengan memperluas maksud audiensi kepada masyarakat yang berminat, maka pertanyaan-pertanyaan langsung dari warga bisa ditanggapi bersama dalam diskusi terbuka yang saling memberikan inspirasi dan keberanian dari warga untuk memproduksi produk yang khas untuk menjawab kebutuhan masyarakat secara luas.


Pelatihani Dan Uji Kompetensi Pengembangan Kopetetensi Pendamping UKM Melalui SKKN Ekspor Jasa

12-17 Oktober 2021| Hotel Burza Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Pada hari pertama diberikan preview pelatihan SSKNI Ekspor dan uji kompetensi berbasis kompetensi. Penjelasan pelatihan untuk memberi kesempatan kepada pendamping UKM dan pelaku ekspor untuk memperoleh sertifikasi kompetensi ekspor berdasarkan standar kompetensi kerja nasional indonesia. Yaitu rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan, dan keahlian serta sikap yang relevan dengan pelaksanan tugas dan jabatan yang di tetapkan. Serta diberikan penjelasan tentang persyaratan dan portopolio uji kompetensi yang harus disiapkan.

Pada hari ke 2, peserta yang berjumlah 30 orang, terdiri dari dari 10 orang pendamping UKM dan 20 orang dari pelaku UKM. Ada yang dari Solo, Klaten, Magelang dan DIY. Sebelum pembukaan, dilakukan pretest untuk semua peserta. Pembukaan dilakukan oleh petugas dari Kementrian Koperasi dan UKM RI dan Ibu Kadis Dinkop DIY. Materi yang pertama adalah tentang kewirausahaan eksport. Pengusaha eksport survive pada berbagai krisis. Negara unggulan mengandalkan ekspor sebagai sumber pertumbuhan. Esportir adalah pioneer mengenalkan selera pasar global kepada para produsen pengrajin dan petani. Banyak pihak yang terlibat dalam ekspor, yaitu eksportir produsen, eksportir non produsen, perusahaan pelayaran, perusahaan penerbangan, forwarder atau ekspediisi muatan kapal laut (EMKL) atau ekspedisi muatan kapal udara (EMKU) dan perusahaan jasa yang mengurusi dokumen ekspor. Materi selanjutnya adalah mengurus dokumen ekspor. Syarat dokumen legalitas ekspor yaitu : NPWP, NIB, Syarat lain yang melekat pada produk dan syarat permintaan buyer.

Materi selanjutnya adalah memuat produk ekspor, pemeriksaan fisik ekspor ini untuk produk eksport yang diaatas 50 kg atau mengunakan container. Bagaimana cara mengemas produk di dalam container agar supaya produk baik dan aman sampai tempat tujuan, dan banyak latihan menghitung volume untuk container yang pas untuk produk supaya aman apakah mau di kirim melalui kapal laut atau kapal udara.

Pelatihan di tutup dengan pre tes sebelum ujian kompentesi tertulis dan praktek di mulai. Ujian kompetensi melalui SKKNI Ekspor adalah Ujian tertulis (terdiri dari 5 materi masing masing materi ada 20 soal pilihan benar/salah dan pilihan a,b,c,d), Ujian praktek (terdiri dari 5 materi masing masing ada 5 pertanyaan Tanya jawab dengan perhitungan sesuai kasus yang di berikan oleh assessor).


Diklat Modernisasi Koperasi Melalui Digitalisasi Sistem. Tahap 4 Paket Diklat Digitalisasi Koperasi

11-13 Oktober 2021| 12.00 WIB | Hotel Ibis Style Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Diklat ini adalah seri terakhir dari Paket Diklat Digitalisasi Koperasi. Narasumber pada diklat ini adalah Bapak Alva Hendi Muhammad, Bapak Dhani Ariatmo dan Ibu Eli Pujiastuti dari Amikom Yogyakarta, serta Bapak Adri Syahrizal dan Ahmad Maruf dari Ritelteam Indonesia.

Pada hari pertama dijelaskan tentang pengenalan aplikasi sistem digital untuk koperasi. Peserta diajak mempraktekan sistem yang dibuat oleh perusahaan penyedia teknologi koperasi yang bekerja sama dengan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi(IDXCOOP) dari Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia. Terdapat 6 sistem yaitu, Sakti, Cuso, Kodi, Aulia, Kuelap dan Ussi.

Pada hari kedua, Bapak Dani menjelaskan tentang pengembangan usaha melalui sistem digital, dalam hal ini website. Peserta dijelaskan tentang cara membuat wordpress, dan menu-menu yang ada pada wordpress. Siang harinya, sesi dilanjutkan oleh Bapak Adri, yang menjelaskan tentang pengenalan marketing media sosial dan marketpace. Untuk pemasaran lokal, bisa memakai marketplace facebook, dan untuk pemasaran nasional bisa memakai media sosial instagram.

Pada hari kegita, disesi awal Bapak Adri mengajak peserta untuk praktek membuat iklan produk untuk dijual di media sosial instagram. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok, dan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil konten yang dibuatnya. Pada siang harinya, Bapak Adri menjelaskan tenang transformasi koperasi digital, dimana sudah saatnya koperasi konsumen yang ada di Indonesia, berkembang kepemasaran online.


Pemeringkatan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Senin, 11 Oktober 2021| 12.00 WIB | Kantor Diskop UKM DIY | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Pada hari ini, ibu Anna Istanti selaku sekretaris Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mewakili koperasi untuk hadir pada kegiatan Pemeringkatan Koperasi oleh lembaga independen yang ditunjuk oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY. Pada kesempatan ini, dijelaskan tentang point-point penilaian dan dokumen yang perlu dilampirkan, antara lain legalitas koperasi, laporan pertanggungjawaban pengurusa dan pengawas, laporan keuangan, struktur kepengurusan, rencana strategis koperasi, standar operasional prosedur, standar operasional manajemen, sertifikat penghargaan dan foto kantor dan unit usaha.

Puji Tuhan, dari hasil audit dari lembaga independen yang ditunjuk, Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mendapatkan peringkat Berkualitas (AAB).


Penyetoran Ke-2 Produk Koperasi Untuk Dijual di Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Senin, 4 Oktober 2021| 12.00 WIB | Kantor Diskop UKM DIY | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa kembali menyetorkan produk anggota yang lulus kurasi ke petugas QC Diskop UKM DIY, untuk bisa dijual di Yogyakarta Internasional Airport.

Dalam kesempatan ini, koperasi meyetorkan produk berupa kain batik tulis, kain batik tulis warna alam dan pembatas buku wayang.


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA