Berita




Rapat Akhir Tahun Staf Griya Jati Rasa

Rabu, 15 Desember 2021| 10.00 WIB | Kantor Koperasi | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Menutup tahun kerja 2021 ini, pada hari terakhir kami mengadakan rapat staf untuk evaluasi kerja di tahun 2021. Banyak pencapaian yang telah diraih, salah satunya adalah koperasi berhasil lolos kurasi untuk menjual produk di Galeri Kotagede, Yogyakarta Internasional Airport. Visi di tahun 2022 adalah koperasi bisa mulai memasarkan produknya kepasar internasional pada moment paskah dan natal. Untuk itu, mulai disusun misi terkait pemasaran produk melalui website gojatirasa.com, melengkapi ijin produk anggota dan juga terkait ekspedisi produk ke luar negeri.

Agenda di tahun 2022 yang terdekat adalah perluasan pasar untuk anggota di Gunung Kidul, penyelesaian laporan pajak yayasan dan koperasi, persiapan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2021 Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2022 dan peringatan ulang tahun yayasan pada tanggal 28 Maret 2022.

Puji kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmatnya, kami bisa melewati tahun 2021 dengan baik, dan dengan semangat dan penuh harapan baru, kami siap menyambut tahun 2022, untuk bekerja bersama membangun kesejahteraan bersama.


Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) Kepada Anggota di Nglotak, Sentolo.

Rabu, 8 Desember 2021| 12.00 WIB | Omah jamur Segar Sentolo | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Siang Indonesia,

Hari ini Yayasan Griya Jati Rasa melaksanakan Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Pelatihan dilakukan oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta kepada anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang berada di Dusun Nglotak, Sentolo, Kulon Progo.

Dikesempatan kali ini, ibu Farsi menjelaskan tentang proses pengurusan SPP-IRT, mulai dari mengambil formulir pendaftaran SPP-IRT dan formulir pendaftaran Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang adalah salah satu syarat untuk mendaftar SPP-IRT. Selain sertifikat PKP, produsen juga harus menyiapkan hasil lab untuk uji air yang dipakai di rumah produksi dan desain kemasan label produk. Untuk mendapatkan hasil uji lab air, produsen dapat datang ke puskesmas setempat untuk berkonsultasi dengan petugas dan mendapatkan jadwal untuk pengambilan sampel air.

Terkait dengan desain kemasan produk, produsen perlu menyiapkan nama produk, menjelaskan komposisi atau bahan yang digunakan, menjelaskan berat bersih, mencantumkan nama produsen, menyediakan kolom untuk nomor SPP-IRT, mencantumkan tanggal produksi, mencantumkan tanggal kadaluarsa dan menyiapkan foto produk.


Diskusi Pengembangan Produk Anggota Bersama Ibu Farsijana, Ibu Winarsih dan Ibu Anjar

Kamis, 2 Desember 2021| 10.00 WIB | Kantor Koperasi | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Siang ini, Ibu Winarsih dan Ibu Anjar, anggota koperasi yang berasal dari Desa Sitimulyo, Paingan, Bantul datang ke kantor koperasi. Ibu Anjar membawa beberapa sampel produk kerajinan dari kerdus dan kulit yang dibuatnya, seperti tempat tisu, tempat jam, tempat cincin, kotak make up, dsb.

Ibu Farsijana sangat senang melihat kreasi produk dari ibu Anjar. Beliau kemudian memberikan ide-ide produk baru yang cocok dijual sebagai paket honeymoon. Paket ini kemudian bisa ditawarkan kepada hotel dan resort yang ada di Yogyakarta, untuk dipakai ketika ada tamu yang mengambil paket honeymoon disana.


Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) Kepada Anggota di Gowok, Samigaluh.

Rabu, 24 November 2021| 12.00 WIB | Terase Menoreh | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Hari ini Yayasan Griya Jati Rasa melaksanakan Pelatihan Persiapan Produk Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk Perluasan Pasar untuk Proses Pengurusan Sertikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Pelatihan dilakukan oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta kepada anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang berada di Dusun Gowok, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo

Ibu Farsi menjelaskan tetang urutan proses pengurusan SPP-IRT dimana produsen harus datang ke Dinas Kesehatan Kabupaten setempat untuk meminta formulir pendaftaran SPP-IRT dan formulir pendaftaran Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang adalah salah satu syarat untuk mendapatkan SPP-IRT. Setelah itu, produsen akan diinfokan jadwal untuk pelaksanaan PKP, dan pada saat mengikuti PKP, akan ada ujian, jika lolos maka produsen akan mendapatkan sertifikat PKP. Setelah mendapatkan sertifikat, produsen dapat kembali ke Dinas Kesehatan untuk mengembalikan formulir pendaftaran SPP-IRT yang telah diisi bersama dengan berkas persyaratan lainnya. Dinas Kesehatan akan menghubungi, kapan petugas surveyor akan datang ke lokasi produksi untuk melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, produsen bisa menyiapkan dan menata rumah produksi agar produk yang dihasilkan terjamin kebersihan dan kesehatannya. Pastikan peralatan yang dipakai selalu dalam kondisi bersih, sebelum dan setelah pemakaian. Pastikan bahan makanan yang dipakai dalam kondisi yang baik dan tidak ekspired. Pastikan ruangan jauh dari toilet dan kandang. Pastikan ruangan selalu dalam kondisi bersih dan bersirkulasi udara baik.

Surveyor akan memeriksa rumah produksi, apakah sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan. Hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada produsen untuk di followup jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Setelah perbaikan, dan surveyor periksa kesesuaiannya, dan setelah dinyatakan hasilnya Baik, maka SPP-IRT akan diberikan dalam waktu maksimal 2 minggu.


Workshop Penataan Landscape di Jalur Trekking bersama Kelompok Trekking Terbit Menoreh dan Tim Lab Kota UKDW

Sabtu, 30 Oktober 2021| 10.00 WIB | Warung Kopi Mbak Mar | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Pada kesempatan ini, Tim Lab Kota UKDW bersama dengan Tim Coaching STG dan kelompok Trekking Terbit Menoreh (TTM) melakukan brainstorming penataan landscape di 4 titik trekking yaitu Warung Kopi Mbak Mar, Gapuro, Goa Maria Watu Tumpeng dan Curug Watu Jengger.


<< Berita Terdahulu
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA