Berita




Program Silahturahmi Syawalan Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dan Diskusi Publik Via Zoom, "Silahturahmi Syawalan sambil Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan dalam Kekinian Kebangkitan Nasional."

Jumat, 20 Mei 2022| 09.00 - 12.00 WIB | Rumah Ibu Ismi Bazarnah | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia Indonesia,

Indonesia bersyukur bisa merayakan hari Kebangkitan Nasional yang ke 114 tahun pada tgl 20 Mei 2022. Perayaannya dilakukan pada bulan Syawalan mengingatkan bangsa Indonesia tentang hubungan antara kemenangan iman dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang telah mendorong umat muslim saling bersilahturahmi dengan melakukan perjalanan mudik mengunjungi sanak keluarga sekaligus mendistribusikan berkat spiritual, jasmaniah, kelimpahan harta kepada sesama di tempat yang dikunjunginya. Yogyakarta selama masa liburan Idul Fitri menerima para pengunjung dari berbagai daerah. Laporan yang diberitakan di surat kabar menunjukan bahwa kebangkitan iman telah mendorong kebangkitan ekonomi akar rumput terutama di masa transisi pandemic ke endemic Upaya menggerakan kegiatan sosial ekonomi dengan memenuhi ketentuan tata kelola protokol kesehatan menyebabkan seluruh dunia memasuki era yang disebut “new normal”. Era kenormalan baru adalah upaya untuk membiasakan pola hidup menurut protokol kesehatan menjadi bagian dari kebiasaan hidup dalam bermasyarakat. Pemerintah mengizinkan warga untuk mudik dengan memastikan mereka tetap menjalankan prokes sekalipun mereka telah melakukan vaksinasi dan booster menanggulangi covid-19. Dalam bulan Syawalan ini, Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa bermaksud untuk menggabungkan diskusi public zoom dengan kegiatan silahturahmi Halal Bi Halal anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang bertepatan dengan perayaan hari Kebangkitan Nasional. Momentum perayaan hari Kebangkitan Nasional adalah mengingatkan kembali kita tentang Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus terus diperjuangkan sehingga bisa mensejahterahkan warga negaranya. Kerja-kerja bersama dalam membangun ekonomi kerakyatan yang dilakukan oleh Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa adalah upaya untuk menjaga NKRI dan memperjuangkan kemakmuran dan keadilan sosial kepada segenap warga Indonesia.

Agenda dari acara ini adalah Berangkat dari argumentasi di atas, maka ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Pertama, perlu diidentifikasikan nilai-nilai Kebangkitan Nasional dalam sejarah kebangsaan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia di mana keragamaan keimanan, keragaman budaya, keragaman pengetahuan dan produk usaha merupakan kekayaan bangsa dan negara. Kedua, penggalian kembali hubungan di antara penghayatan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin sebagai dasar penggerak kebangkitan iman yang mendorong terhadap kerjasama membangun ekonomi kerakyatan dalam kekinian kebangkitan nasional. Ketiga, mendorong anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa untuk terus memproduksi produk bermutu sebagai komitmen terhadap peningkatan mutu kehidupan dalam keluarga dan kepada masyarakat luas. Peningkatan mutu produk terus difasilitasi melalui forum belajar bersama dalam Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Keempat, memperlihatkan kepada peserta diskusi public zoom tentang tiga tungku penjualan produk anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yang terhubungkan dalam jejaring kemitraan dan internet.

Kegiatan silahturahmi syawalan dilakukan di rumah anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa yaitu di rumah Ibu Ismi Bazarnah S.Ag beralamat di Bodon, Jagalan, Banguntapan, Bantul (Belakang Omah Duwur Kotagede – Link Google maps https://goo.gl/maps/nSzS2AUsY964qzui9 ). Sedangkan pelaksanaan diskusi publik zoom bisa dihadiri oleh anggota Koperasi secara daring maupun masyarakat luas. Kegiatan ini adalah kerjasama dari Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. TOR proposal ini ditulis oleh Ibu Farsijana Adeney-Risakotta Ph.D. Adapun narasumber dan moderatornya adalah 1. Ustad Beny Susanto S.Ag., M.Si, selaku Ketua Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa sebagai pembicara pertama dengan topik Kebangkitan Iman Islam mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan dalam bingkai kekinian kebangkitan nasional memperjuangkan NKRI. 2. Ibu Ismi Bazarnah S.Ag sebagai pembicara kedua dengan topik merefleksikan kebijakan dan best praktis pemerintah daerah dalam melakukan program pemberdayaan masyarakat miskin di DI.Yogyakarta. 3. Ibu Farsijana Adeney-Risakotta Ph.D adalah moderator kegiatan ini.


Yayasan Griya Jati Rasa dan Edge Resort Yogyakarta Memesan 69 Paket Bingkisan Lebaran kepada Anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa

Senin, 18 April 2022| 09.00 - 16.00 WIB | Galeri Griya Jati Rasa | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Pagi Indonesia,

Berkah Ramadhan dirasakan oleh anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Yayasan Griya Jati Rasa dan Edge Resort Yogyakarta memesan 69 bingkisan lebaran kepada koperasi, untuk dibagikan kepada kerabat dan kolega. Kesempatan ini dipakai koperasi untuk membantu anggota yang kesulitan dalam pembayaran angsuran, sehingga harus melakukan restrukturisasi pinjaman. Pemesanan produk untuk bingkisan difokuskan kepada anggota tersebut. Diharapkan pesanan ini dapat menambah semangat anggota dalam berproduksi, sehingga bisa memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membayar kewajiban angsurannya di koperasi.

Anggota yang dibantu adalah Ibu Anna Istanti yang memproduksi Kacang Bawang Goreng, Ibu Endang Ratnaningsih yang memproduksi Sirup Salak, Ibu Endarni yang memproduksi Eggroll, Ibu Winarsih yang memproduksi Peyek, Ibu Siti Rahmadi Winarni yang memproduksi Nastar dan Bapak Sukohadi yang memproduksi Teh Sangrai.

Dari ke-6 anggota diatas, Koperasi telah berhasil mendorong ibu Endang Ratnaningsih untuk dapat memproduksi Sirup Salak. Ibu Endang yang awalnya ragu, diberikan motivasi dan dukungan dalam pemilihan botol kemasan, pembuatan label kemasan dan cita rasa sirup salak. Puji Tuhan setelah beberapa kali mencoba dan mendapatkan masukan dari pengurus koperasi, ibu Endang dapat membuat sirup salak yang alami dan memiliki cita rasa yang segar.

Selain mendorong anggota untuk berinovasi, dalam kesempatan ini juga Ibu Farsijana Adeney-Risakotta yang adalah Pengawas Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa telah memformulasikan Formulir Perhitungan Pendapatan dari Dana Pinjaman. Bersama dengan pengurus, anggota diajak untuk mengitung pendapatan yang didapat dari modal yang dipinjamkan oleh koperasi. Perhitungan mencakup pembelanjaan modal untuk pembelian alat, bahan dan proses produksi, sampai pada pemasaran produk dan keungtungan yang didapatkan. Dari perhitungan ini, anggota diharapkan bisa memiliki pemikiran terkait produksi dan saving yang harus dilakukan agar usahanya bisa terus berproduksi, membantu perekonomian keluarga dan membayar angsuran pinjaman ke koperasi.


Perayaan 7 Tahun Yayasan Griya Jati Rasa dan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2021

Senin, 28 Maret 2022| 11.00 - 16.00 WIB | Pondok Tali Rasa | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Sore Indonesia,

Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang maha esa, atas berkat dan pertolongannya, pada hari ini, Senin, 28 Maret 2022, Yayasan Griya Jati Rasa telah berusia 7 tahun. Pelayanan Yayasan Griya Jati Rasa kepada masyarakat dilakukan bersama dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa mulai dirintis pada tahun 2015 dan disahkan badan hukumnya pada tahun 2017. Pembinaan kepada masyarakat dan anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dilakukan oleh Yayasan Griya Jati Rasa yang berkolaborasi dengan mitra baik itu pemerintah maupun swasta. Kami berharap, pembinaan dan pelatihan yang telah dilakukan dapat membantu masyarakat akar rumput dalam mengembangkan usaha untuk mensejahterakan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Acara ucap syukur HUT Yayasan Griya Jati Rasa dilaksanakan di Pondok Tali Rasa bersama dengan staf dan anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Doa ucap syukur dipimpin oleh Ibu Endang Sri Wahyuni yang mewakili Agama Kristen dan Bapak Krisdiyanto yang mewakili Agama Islam. Acara kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng dan kue tart. Ibu Farsijana Adeney-Risakotta selaku Pendiri Yayasan Griya Jati Rasa memberikan potongan tumpeng pertama kepada Bapak Karwaji, selaku anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa.

Siang harinya, acara kemudian dilanjutkan dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Tahun Buku 2021. RAT tahun ini dilaksanakan secara hybrid, dimana peserta luring dibatasi sejumlah 15 orang dan sisanya dapat mengikuti secara daring melalui zoom. Acara dibuka dengan sambutan dari Ustad Beny Susanto selaku Ketua Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dan sambutan dari Bapak Ir. Yudsuf Yudi, MM, selaku Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara berjalan dengan lancar, pengurus dan pengawas koperasi memberikan laporan pertanggungjawaban yang kemudian disetujui oleh kuorum dan acara ditutup dengan pemilihan pengurus baru Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Periode Tahun 2022-2025.


Lomba Olahan Makanan Tradisional dan Housekeeping SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari dalam Rangkaian Merayakan Peradaban Indonesia : HUT 200 Tahun Rumah Pusaka, 7 Tahun Yayasan Griya Jati Rasa dan 1 Tahun Edfe Resort Yogyakarta.

Kamis, 10 Februari 2022| 09.00 - 15.00 WIB | Edge Resort Yogyakarta | Staf Griya Jati Rasa


Selamat Malam Indonesia,

Kolaborasi perayaan 200 tahun Rumah Pusaka yang adalah Café dari Edge Resort Yogyakarta, 7 tahun Yayasan Griya Jati Rasa dan 1 tahun Edge Resort Yogyakarta melibatkan Yayasan Griya Jati Rasa dan Edge Resort Yogyakarta. Kolaborasi ini memungkinkan penyelenggaraan Lomba Olahan Makanan Tradisional dan Lomba Housekeeping yang diikuti oleh peserta dari siswa/siswi SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari. Pelaksanaan lomba dilakukan pada hari Kamis, 10 Februari 2022 dari jam 09.00 WIB s.d selesai, bertempat di Joglo Adi Satrio untuk Lomba Olahan Makanan Tradisional dan di Villa Naga untuk Lomba Housekeeping. Peserta Lomba Olahan Makanan Tradisional diikuti oleh 5 kelompok dengan dua orang anggota dari masing-masing SMK. Sedangkan Lomba Housekeeping diikuti oleh 5 orang pribadi dari masing-masing sekolah. Jumlah Peserta adalah 20 orang untuk Lomba Olahan Makanan Tradisional dan 10 orang yang mengikuti Lomba Housekeeping.

Kegiatan yang mendatangkan juri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM), Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Edge Resort Yogyakarta, bertujuan untuk mendorong para siswa untuk mempersiapkan diri masuk dalam pasar tenaga kerja. Adapun juri perwakilan dari STIPRAM adalah Ibu Tri Eko Yudiandri, SE., MM.Par dan Bapak Dwi Yoso Nugroho M.Par., CHE. Sedangkan juri perwakilan dari UKDW adalah Bapak Drs. Sisnuhadi MBA, Ph.D., Ibu Dra. Agustini Dyah Respati, MBA dan Bapak Jonathan Herdioko S.E., M.M. Serta Juri perwakilan dari Edge Resort Yogyakarta adalah Bapak Andrie Wilison, S.E., M.Si. Pariwisata yang merupakan andalan dari Kabupaten Gunungkidul yang perlu mempersiapkan dirinya melalui penyediaan tenaga kerja trampil dengan kemampuan internasional untuk bisa mengisi dunia perhotelan di wilayah ini. Keindahan alamnya, lautan, hutan dan perbukitan karst menjadi daya tarik wisata yang perlu diimbangi dengan penyediaan tenaga kerja trampil.

Selama ini perlombaan dilakukan dikalangan internal SMK dimana siswa-siswi bertarug tanpa perikat dengan kegiatan nyata dari keseharian tugas-tugas di suatu hotal. Dengan adanya kegiatan lomba dilakukan langsung di hotel yaitu di Edge Resort Yogyakarta, maka siswa-siswi mengenal dari dekat industri wisata maupun perhotelan yang diapresiasi langsung oleh tamu-tamu yang menggunakan fasilitas tersebut selama mereka berlibur.

Pelaksanaan lomba dibuka oleh Bapak Purwono, SIP. M.Si, Panewu Kapanewon Purwosari dengan memukul 5 kali Gong Pancasila, kemudian menerima tanda Peta Yogya dalam bentuk Kaos Semar For Yogyakarta dari Ibu Farsijana Adeney-Risakotta,Ph.D sebagai Direktur Yayasan Griya Jati Rasa. Lomba yang dilakukan mengikuti aturan prokes selama masa pandemik tetap direncanakan secara menarik sehingga peserta, juri dan guru pembimbing masih bisa menikmati suasana alam dan keindahan Samudera Indonesia dari Edge Resort Yogyakarta. Peserta dan guru pembimbing menempati tenda yang sudah disediakan. peserta akan dipanggil menurut nomoer undiannya oleh MC untuk hadir pada Joglo Adi Satrio dimana pelaksanaan Lomba Olahan Makanan Tradisional dilakukan. Khusus untuk lomba ini, ada dua kegiatan yaitu pertama presentasi video tentang proses membuat olahan makanan yang dilombakan tersebut. Waktu presentasi hanya 7 menit dan diikuti dengan pemaparan tentang produk hasil olahan yang dibawa peserta untuk ditunjukkan kepada juri. Tanya jawab dilakukan antara peserta dengan juri untuk memastikan kegiatan pengolahannya dilakukan menurut ketentuan higienis, keseimbangan penggunaan bahan baku sampai dengan 50% dan tata cara olahan yang runtut sambil memperhatikan keindahan presentasi hasil akhir produk.

Sementara peserta lomba housekeeping berada di villa Naga diatas tebing dalam areal Edge Resort Yogyakarta diharapkan dapat membersihkan keseluruhan kamar, kamar mandinya dan teras sehingga memberikan kenyamanan kepada para tamu yang menginap. Apresiasi tamu-tamu untuk memposting komentar mereka terhadap kebersihan kamar biasanya ditulis langsung pada sosial media. Aksesitas tamu-tamu untuk memposting komentar mereka terhadap kebersihan kamar menjadi alasan pelaksanaan Lomba Housekeeping dilakukan dengan melibatkan juga netizen yang turut menikmati kegiatan lomba melalui posting-posting dari Yayasan Griya Jati Rasa melalui akun TikToknya.

Adapun pemenang dari Lomba Olahan Makanan Tradisional, Juara 1 adalah Lusiana Putri Nadira dan Via Sesya Calista Putri dari SMKN 3 Wonosari, Juara 2 adalah Cindy Eka Pratiwi dan Rafa’ Arieza Putri Arwana dari SMKN 3 Wonosari dan Juara 3 adalah Lista Ramadani dan Muhammad Dafa Y. dari SKMN 1 Purwosari. Sedangkan pemenang dari Lomba Housekeeping, Juara 1 adalah Angga Dwi Atmoko dari SKMN 1 Purwosari, Juara 2 adalah Sapta Adhi Nugroho dari SKMN 1 Purwosari dan Juara 3 adalah Nurul Mayrika dari SKMN 3 Wonosari. (far)

Berita juga dapat dibaca di Kupass.com, KRjogja.com dan E Jogja Pusat Informasi Jogja


<< Berita Terdahulu Berita Selanjutnya >>
Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Kreatifitas Bangsa untuk Keadilan dan Perdamaian
http://griyajatirasa.com || pondokjatirasa@yahoo.com || griyajatirasa@gmail.com|| 0274-545883
Kantor & Galeri : Jl. Dumung No. 100 CT VIII, Karanggayam, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281
Follow Us :
Laboratorium Alam : Pondok Jati Rasa - Alas Wegode, Desa Giri Cahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Keputusan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000528.AH.01.04 Tahun 2015
Izin Operasional : Keputusan Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta, Nomor 222.914.GRJ.2015
© 2017 GRIYA JATI RASA